Peran Edukasi Spritual Untuk Meningkatkan Kesehatan Mental Orang Tua
Abstract
Permasalahan yang hendak dibahas dalam pengabdian ini memberikan edukasi kepada orang tua untuk meningkatkan kesehatan mental di Nagari Padang Bintungan Kecamatan NanSabaris Kabupaten Padang Pariaman. Tujuan dari pengabdian ini adalah untuk memberikan edukasi dalammeningkatkan kesehatan mental orang tua (Studi kasus Nagari Padang Bintungan Kecamatan Nan Sabaris Kabupaten Padang Pariaman). Metode pendekatan pengabdian ini adalah metode ceramah, demonstrasi dan latihan yang disertai tanya jawabmetode ceramah, demonstrasi dan latihan yang disertai tanya jawab. Hasil dari pengabdian masyarakat ini diperoleh kesimpulan bahwa: 1) bentuk Edukasi Spritual untuk meningkatkan kesehatan mental orang tua di Nagari Padang Bintungan Kecamatan Nan Sabaris Kabupaten Padang Pariaman dapat dilakukan dengan memberikan nasihat-nasihat islami, , hal ini dapat dilihat dari minimnya pengetahuan para orang tua tentang perannya sebagai orang tua menurut syariat islam, sehingga mereka membutuhkan nasihat-nasihat islami apalagikendala mereka yang sulit menjaga kesehatan mental dikarenakan terbatasnya waktu dan kesibukan orang tua dalam kehidupan sehari- hari, serta kurangnya wawasan dan pengalaman yang dimiliki oleh orang tua, sehingga mereka kurang mampu mengontrol, mengawasi serta mengendalikan segala kegiatan serta aktivitas anak di kehidupan sehari-hari. 2) beberapa faktor yang mengganggu kesehatan mental orang tua adalah kesibukan orang tua dalam bekerja sehari-hari, masuknya berbagai budaya baru pengaruh dunia yang sering disebut dengan milenial.Sebagai contoh yang ditemukan oleh peneliti yaitu adanya teknologi seperti televisi, internet, handphone yang memiliki konten-konten yang barbau pornografi atau game online.
Downloads
References
Alan O. Ross. (1974). Psychological Disorder of Children. Mc. Graw-Hill Kogakusha Ltd. Tokyo.
Apriyanti Widianysah. (2018). Modul psikologi pendidikan. Universitas Bhayangkara Jakarta.
Delphie, Bandi. (2006). Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus. Bandung:Refika Aditama.
Edriagus Saputra; Samiullah Taraki; Nana Gustianda; Zakiyah. (2022). The Effect of Mamakiah Tradition toward Students’ Education in Padang Pariaman Traditional Islamic Boarding School. FOKUS Jurnal Kajian Keislaman Dan Kemasyarakatan, 71(1). https://doi.org/DOI: http://dx.doi.org/10.29240/jf.v7i1.3577
Edriagus Saputra; Syamsurizal. (2021). Pendidikan Karakter di Era Milenial (Dalam Lingkaran Islam) (I). PT. Insan Cendekia Mandiri.
Eva Meizara,Nirwana Permatasari. (2021). Pengantar Diagnostik. Unhas Press.
Jivi, R. A., Saputra, E., Delvia, M., & Movitaria, M. A. (2022). Metode Pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an Bagi Anak Usia Dini Di Yayasan Darul Furqon Santok Kota Pariaman. 8(2), 15.
Lestari, D., Ramadhaniati, R. U., & Contessa, E. (2022). Sosialisasi Dampak Handphone Terhadap Perkembangan Karakter Anak. Wahana Dedikasi : Jurnal PkM Ilmu Kependidikan, 5(1), 157. https://doi.org/10.31851/dedikasi.v5i1.7816
Lexy J Moleong,. (2011). Metodelogi Pengabdian Kualitatif, (Bandung: 2011), h. 3. PT Remaja Rosda Karya,.
Maya Fitria; Norsaleha Mohd Salleh; Fitri Yeni. (2022). Relasi Orang Tua dan Anak di Era Digital dalam Perspektif Hadis dan Psikologi. 2.
Ms, D., Rosihan, A., & Novitasari, D. (2022). Literasi Digital Bagi Remaja dan Karang Taruna Dalam Upaya Mencegah Informasi Hoax Di Desa Sukaraja Kecamatan Lengkiti Kabupaten Ogan Komering Ulu. Wahana Dedikasi : Jurnal PkM Ilmu Kependidikan, 5(2), 178. https://doi.org/10.31851/dedikasi.v5i2.7536
Muhibin Syah. (2004). Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru. PT.Remaja Rosda karya.Bandung.
Ramayulis. (2016). Dasar-Dasar Kependidikan Suatu Pengantar Ilmu Pendidikan. Jakarta: Kalam Mulia.
Yulaini, E., Pramika, D., Hodsay, Z., Rachmawati, D. W., Gunawan, H., Toyib, M., Permatasari, N., & Suryani, I. (2022). Pelatihan dan Workshop Kewirausahaan Berbasis Digital di Sekolah. Wahana Dedikasi : Jurnal PkM Ilmu Kependidikan, 5(1), 151. https://doi.org/10.31851/dedikasi.v5i1.7806