Pengaruh Intensitas Menghafal Al-Qur’an Terhadap Kecerdasan Spiritual Peserta Didik Di SMAN 1 Padang
Abstract
Salah satu upaya menjaga kemurnian Al-Qur’an adalah dengan menghafalnya. Akan tetapi minat anak-anak zaman sekarang untuk membaca Al-Qur’an tergolong rendah dan hanya 34% anak yang tertarik dan serius untuk menghafal Al-Qur’an. Padahal menghafal ayat-ayat Al-Qur’an sendiri memiliki peran dalam upaya meningkatkan kecerdasan spiritual yang sangat dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari. Maka dari itu fokus penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh intensitas menghafal Al-Qur’an peserta didik terhadap kecerdasan spiritualnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah pengaruh antara intensitas menghafal Al-Qur’an terhadap kecerdasan emosional peserta didik di SMAN 1 Padang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode pengolahan data menggunakan analisis regresi sederhana. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas XI SMAN 1 Padang tahun ajaran 2023/2024. Jumlah populasi sebanyak 430 dan sampel sebanyak 204 dengan teknik pengumpulan data berupa angket, dokumentasi dan observasi. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan memperoleh hasil kesimpulan bahwa intensitas menghafal Al-Qur’an berpengaruh positif terhadap kecerdasan spiritual. Maka dengan demikian Ha diterima dan H0 di tolak.
References
Arifin, G. (2013). Al-Qur’an Sang Mahkota Cahaya, . Elex Media Komputindo.
Arikunto, S. (2014). Penelitian Tindakan Kelas. Bumi Aksara.
Azwar, S. (2002). Tes Prestasi Fungsi dan Pengembangan Pengukuran Tes Prestasi Belajar. Pustaka Belajar.
Departemen RI. (1993). Al-Qur’an dan Tafsirnya. Citra Effhar.
Hamdan, S. R. (2017). Kecerdasan Emosional dalam Al-Qur’an. SCHEMA - Journal of Psychological Research, 3(1), 35–45.
Hasan. (2004). Analisis Data Penelitian dengan Statistik, . Bumi Aksara.
Hidayat, A. (2019). Asuh Orang Tua Dalam Menciptakan Generasi Hafidz dan Hafizah,. 2, 13.
Hodijah, S., & Supendi, D. (2021). Pengaruh Aktivitas Menghafal Al-Qur’an Terhadap Kecerdasaan Spiritual Peserta Didik Kelas X Di MA Al-Huda Jatiluhur. Paedagogie: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 2(2), 77–93. https://doi.org/10.52593/pdg.02.2.02
Huda, M. (n.d.). Potensi Tahfidz Al-Qur’an dalam Menumbuhkan Kecerdasan Spiritual,. Program Studi Agama-Agama Fakultas Ushuluddin, UNIDA Gontor Kampus Siman.
Krisdianawati, L., Nurjan, S., & Tajab, M. (2021). , Pengaruh Aktivitas Menghafal Al-Qur’an terhadap Kecerdasan Spiritual Siswa. Jurnal Mahasiswa TARBAWI: Journal on Islamic Education, 5(1), 52–63. http://studentjournal.umpo.ac.id/index.php/tarbawi
Masduki, Y. (2018). Implikasi Psikologi Bagi Penghafal Al-Qur’an,. Jurnal Medina-Te, 18(1).
NAfi’ah, L. I. (2023). Pengaruh Intensitas Menghafal Al-Qur’an terhadap Kecerdasan Logis Matematis dan Kecerdasan Emosional Siswa Kelas X MA Ma’ahid Kaliwungu Kudus. AL JABAR: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 2(e-ISSN 2828-6731).
Nasehudin, T. S., & Gozali, N. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif. Pustaka Setia.
Neni, M. A., Kartakusumah, B., & Rusli, R. K. (2015). . ‘Pengaruh Menghafal Al-Qur’an terhadap Kecerdasan Emosional Santri Di Pondok Pesantren Al-Qur’an Muhammad Thoha Alfasyni Bogor. Ta’dibi, 4.
Prayitno, D. (2013). Belajar Alat Data dan Cara Pengolahannya dengan SPSS. Gava Media.
Qardhawi, Y. (1999). Berinteraksi dengan Al-Qur’an,. Gema Insani.
Rashid, K. (2008). Al-Qur’an bukan Da Vinci’s Code (Memukau Nalar Memperkokoh Iman). Mizan Publika.
Ridwan, & Sunarto. (2015). Pengantar Statistika, . Alfabeta.
Rimelvi. (n.d.). Hasil wawancara Kepala Sekolah SMAN 1 Padang,.
Rokim, & Ni’mah, F. (2022). Pengaruh Mneghafal Al-Qur’an terhadap Kecerdasan Emosional Santri Komplek Darul Amin di PP Roudlotul Qur’an Tlogoanyar Lamongan, . Jurnal Akademika, 16(1), 1–15.
Sangaji, & Sopiah. (2010). Metodologi Penelitian. Andi Offset.
Sekaran, U. (2006). Metode Penelitiaan Bisnis. Salemba Empat.
Shihab, M. Q. (2002). Tafsir al-Mishbah; Pesan, Kesan dan Keserasian al-Qur’an (Vol. 6). Lentera Hati.
Sugiyono. (2005). Metode Penelitian Administrasi. Alfabeta.
Syarifuddin, A. (2004). Mendidik Anak, Membaca, Menulis, dan Mencintai Al-Qur’an. Gema Insani.
Wahab, A., & Umiarso. (2011). Kepemimpinan Pendidikan dan Kecerdasan Spiritual. Ar-Ruzz Media.
Y, A. (2007). What is Spiritual Intelligence.
Yuliani, F. (2019). ., Pengaruh Kebiasaan Tadabbur Al-Quran terhadap Kecerdasan Spiritual Anggota Komunitas Tadabbur Quran, . Jurnal Psikologi Islam, 6(2), 37–50.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.