Pengaruh Intensitas Menghafal Al-Qur’an Terhadap Kecerdasan Spiritual Peserta Didik Di SMAN 1 Padang

  • Nur Munawaroh Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang
  • Nana Sepriyanti Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang
  • Muhammad Kosim Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang

Abstract

Salah satu upaya menjaga kemurnian Al-Qur’an adalah dengan menghafalnya. Akan tetapi minat anak-anak zaman sekarang untuk membaca Al-Qur’an tergolong rendah dan hanya 34% anak yang tertarik dan serius untuk menghafal Al-Qur’an. Padahal menghafal ayat-ayat Al-Qur’an sendiri memiliki peran dalam upaya meningkatkan kecerdasan spiritual yang sangat dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari. Maka dari itu fokus penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh intensitas menghafal Al-Qur’an peserta didik terhadap kecerdasan spiritualnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah pengaruh antara intensitas menghafal Al-Qur’an terhadap kecerdasan emosional peserta didik di SMAN 1 Padang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode pengolahan data menggunakan analisis regresi sederhana. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas XI SMAN 1 Padang tahun ajaran 2023/2024. Jumlah populasi sebanyak 430 dan sampel sebanyak 204 dengan teknik pengumpulan data berupa angket, dokumentasi dan observasi. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan memperoleh hasil kesimpulan bahwa intensitas menghafal Al-Qur’an berpengaruh positif terhadap kecerdasan spiritual. Maka dengan demikian Ha diterima dan H0 di tolak.

References

Ariefianto, . Moch. Doddy. (2012). , Ekonometrika. Erlangga.

Arifin, G. (2013). Al-Qur’an Sang Mahkota Cahaya, . Elex Media Komputindo.

Arikunto, S. (2014). Penelitian Tindakan Kelas. Bumi Aksara.

Azwar, S. (2002). Tes Prestasi Fungsi dan Pengembangan Pengukuran Tes Prestasi Belajar. Pustaka Belajar.

Departemen RI. (1993). Al-Qur’an dan Tafsirnya. Citra Effhar.

Hamdan, S. R. (2017). Kecerdasan Emosional dalam Al-Qur’an. SCHEMA - Journal of Psychological Research, 3(1), 35–45.

Hasan. (2004). Analisis Data Penelitian dengan Statistik, . Bumi Aksara.

Hidayat, A. (2019). Asuh Orang Tua Dalam Menciptakan Generasi Hafidz dan Hafizah,. 2, 13.

Hodijah, S., & Supendi, D. (2021). Pengaruh Aktivitas Menghafal Al-Qur’an Terhadap Kecerdasaan Spiritual Peserta Didik Kelas X Di MA Al-Huda Jatiluhur. Paedagogie: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 2(2), 77–93. https://doi.org/10.52593/pdg.02.2.02

Huda, M. (n.d.). Potensi Tahfidz Al-Qur’an dalam Menumbuhkan Kecerdasan Spiritual,. Program Studi Agama-Agama Fakultas Ushuluddin, UNIDA Gontor Kampus Siman.

Krisdianawati, L., Nurjan, S., & Tajab, M. (2021). , Pengaruh Aktivitas Menghafal Al-Qur’an terhadap Kecerdasan Spiritual Siswa. Jurnal Mahasiswa TARBAWI: Journal on Islamic Education, 5(1), 52–63. http://studentjournal.umpo.ac.id/index.php/tarbawi

Masduki, Y. (2018). Implikasi Psikologi Bagi Penghafal Al-Qur’an,. Jurnal Medina-Te, 18(1).

NAfi’ah, L. I. (2023). Pengaruh Intensitas Menghafal Al-Qur’an terhadap Kecerdasan Logis Matematis dan Kecerdasan Emosional Siswa Kelas X MA Ma’ahid Kaliwungu Kudus. AL JABAR: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 2(e-ISSN 2828-6731).

Nasehudin, T. S., & Gozali, N. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif. Pustaka Setia.

Neni, M. A., Kartakusumah, B., & Rusli, R. K. (2015). . ‘Pengaruh Menghafal Al-Qur’an terhadap Kecerdasan Emosional Santri Di Pondok Pesantren Al-Qur’an Muhammad Thoha Alfasyni Bogor. Ta’dibi, 4.

Prayitno, D. (2013). Belajar Alat Data dan Cara Pengolahannya dengan SPSS. Gava Media.

Qardhawi, Y. (1999). Berinteraksi dengan Al-Qur’an,. Gema Insani.

Rashid, K. (2008). Al-Qur’an bukan Da Vinci’s Code (Memukau Nalar Memperkokoh Iman). Mizan Publika.

Ridwan, & Sunarto. (2015). Pengantar Statistika, . Alfabeta.

Rimelvi. (n.d.). Hasil wawancara Kepala Sekolah SMAN 1 Padang,.

Rokim, & Ni’mah, F. (2022). Pengaruh Mneghafal Al-Qur’an terhadap Kecerdasan Emosional Santri Komplek Darul Amin di PP Roudlotul Qur’an Tlogoanyar Lamongan, . Jurnal Akademika, 16(1), 1–15.

Sangaji, & Sopiah. (2010). Metodologi Penelitian. Andi Offset.

Sekaran, U. (2006). Metode Penelitiaan Bisnis. Salemba Empat.

Shihab, M. Q. (2002). Tafsir al-Mishbah; Pesan, Kesan dan Keserasian al-Qur’an (Vol. 6). Lentera Hati.

Sugiyono. (2005). Metode Penelitian Administrasi. Alfabeta.

Syarifuddin, A. (2004). Mendidik Anak, Membaca, Menulis, dan Mencintai Al-Qur’an. Gema Insani.

Wahab, A., & Umiarso. (2011). Kepemimpinan Pendidikan dan Kecerdasan Spiritual. Ar-Ruzz Media.

Y, A. (2007). What is Spiritual Intelligence.

Yuliani, F. (2019). ., Pengaruh Kebiasaan Tadabbur Al-Quran terhadap Kecerdasan Spiritual Anggota Komunitas Tadabbur Quran, . Jurnal Psikologi Islam, 6(2), 37–50.
Published
2024-05-11
How to Cite
MUNAWAROH, Nur; SEPRIYANTI, Nana; KOSIM, Muhammad. Pengaruh Intensitas Menghafal Al-Qur’an Terhadap Kecerdasan Spiritual Peserta Didik Di SMAN 1 Padang. Ikhtisar: Jurnal Pengetahuan Islam, [S.l.], v. 4, n. 1, p. 67-88, may 2024. ISSN 2797-7668. Available at: <https://ojs.iaisumbar.ac.id/index.php/ikhtisar/article/view/445>. Date accessed: 03 oct. 2024. doi: https://doi.org/10.55062//IJPI.2024.v4i1/445/5.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.