Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Religiusitas Terhadap Masyarakat dalam Bertransaksi dengan Bank Syariah Mandiri Pariaman

  • Syamsurizal Syamsurizal Institut Agama Islam Sumatera Barat (IAI Sumbar)
  • Abdur Rahim A Institut Agama Islam Sumatera Barat (IAI Sumbar)
  • Anisa Marseli Institut Agama Islam Sumatera Barat (IAI Sumbar)
  • Desi Suwarni Institut Agama Islam Sumatera Barat (IAI Sumbar)

Abstract

This study supports the three alternative hypotheses developed that prove that service quality and religiosity simultaneously (together) have a significant effect on people's decisions about making transactions at Bank Syariah Mandiri, Pariaman Branch. This study aims to determine the factors that influence public decisions to transact at Bank Mandiri Syariah Pariaman, which is limited to the quality of service and religiosity. The population in this study were customers of Bank Syariah Mandiri Pariaman with a total sample size of 60 respondents. Where the sampling technique used is accidental sampling. In order to test the hypothesis, the t, f and r tests were carried out. The results showed that the factors of service quality and religiosity have an effect on people's decisions in making transactions at Bank Syariah Mandiri Pariaman. The contribution of the influence of service quality and religiosity variables on people's decisions to transact at Bank Syariah Mandiri Pariaman is 33.4%, while the rest (100% -33.4% = 66.6%) is the influenced by other variables that are not included in this research model.

References

Abdullah, Mal An. 2010. Corporate Governance Perbankan Syariah diIndonesia. Jogjakarta:
Ar-Ruzz Media

Anangga dipa, Andisa & Eka. 2013. Analisis Faktor-faktor yang mempengaruhi Nasabah
(Mahasiswa) dalam Memilih Menabung pada Bank Syariah. Proceeding PESAT.
(Psikologi, Ekonomi, Sastra, Arsitektur &Teknik Sipil)

Ancok, Djamaludin &Fuat Nasori Suroso. Cetakan VII. 2008. PsikologiIslami: Solusi
Islamatas Problem-Problem Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Anggita , Lotje & Yantje. 2015. Analisis Motivasi, Persepsidan Pengetahuan Terhadap
Keputusan Nasabah Memilih PT. Bank Sulut go Cabang Utama Manado. Jurnal
EMBA. Vol.3No. 3

Astrila & Putranto. 2014. Pengaruh Tingkat Pengetahuan Tentang Pesan Halal Terhadap
Tingkat Kepercayaan Pada Produk Koametik. Jurnal FISIP. UAJ Yogyakarta

Bawono, Anton. 2006. Multivariate Analysis Dengan SPSS. Salatiga: STAIN Salatiga Press.
Bisri, Mohammad. 2013. Statistik. Penerbit:ISBN.

Darmawan, Indra. Pengantar Uang dan Perbankan, Dilengkapi UU No.7 Tahun 1992,
(Jakarta: Rineka Cipta, 1999)

Daulay, Raihanah.2010.Analisis Pelayanan dan Bagi Hasil Terhadap Keputusan Menabung
Nasabah Pada Bank Syariah DiKota Medan.Jurnal Manajemen dan Bisnis. Vol.10
No. 1

Elfia,Arisma.2015.Faktor-faktor yang Mempengaruhi Keputusan Nasabah Memilih Jasa
Pembiayaan pada Bank BPR Syariah GajahTongga Koto piliang Silungkang Kota
Sawahlunto. Jurnal Manajemen. Fakultas Ekonomi Universitas Tamansiswa Padang

Fahmi, Irham. 2013. Manajemen Pengambilan Keputusan. Bandung :Alfabeta
Ghozali,Imam.2013.Aplikasi Analisis Multivariat Dengan Progam SPSS. Badan Penerbitan
UDIP Semarang.

Halik,Abdul.2016. Pengaruh Bauran Pemasaran Jasa, Kualitas Pelayanan Dan Nilai
Religiusitas Terhadap Kepercayaan Nasabah Dan Implikasinya Pada Komitmen Bank
Umum Syariah Di Wilayah Gerbang KetasusilaJawa Timur. Jurnal Hasil Penelitian
UNTAG Surabaya. Vol.01 No. 01

Idris&Hakim.2017.Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruh Kepercayaan Konsumen
Serta Implikasinya Terhadap Keputusan Pembelian (StudiKasus pada Go-Ride di Kota
Bandung). Diponegoro Journal Of Management. Vol.6 No 1

Iskamto & Yulihardi. 2017. Analisis Peranan Religiusitas Terhadap Kepercayaan
Kepada Perbankan Syariah. Jurnal Kajian Ekonomi Islam. Vol. 2 No2
Iskandar, Dibyo. 2012. PengaruhKualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Nasabah Dengan
Kepuasan Dan Kepercayaan Nasabah Sebagai Variabe lIntervening (StudiEmpiris
Nasabah PD.Bank Perkreditan Rakyat BKK BoyolaliKota). E-Journal STIE ABA. Vol.
20No.23

Jalaludidin. 2011. Psikologi Agama. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Junaidi. 2015. Persepsi Masyarakat Untuk Memilih Dan Tidak Memilih Bank Syariah
(StudiKotaPalopo). Jurnal Fokus Bisnis. Vol. 14 No. 02

Kasmir. 2004.Pemasaran Bank. Jakarta: Prenada Media

Keller, Philip Kotler &KevinL. 2009. Manajemen Pemasaran. Jakarta:Erlangga.
2006. Manajemen Pemasaran.Jakarta: PT. Macanan Jaya Cemerlang
Kusuma & Untarini. 2014. Pengaruh Pengetahuan Produk Terhadap Niat Beli Dengan Sikap
Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Ilmu Manajemen. Vol2 No 4

Kusmayadi, Tatang.. 2007. Pengaruh Relationship Quality terhadap Nasabah Tabungan.
Skripsi.STIESTAN Indonesia Mandiri

Leonardo&Sutadi.2017. Pengaruh Suku Bunga, Kulitas Pelayanan,Lokasi Terhadap
Kepercayaan Yang Berimplikasi Kepada Loyalitas Nasabah Di BPR Nusamba
Cepiring Ungaran .Jurnal Manajemen. Fakultas Ekonomi Universitas Pandanaran

Lestari, AlfiMulikhah. 2015.Pengaruh Religiusitas, Produk Bank, kepercayaan,
Pengetahuan, dan Pelayanan Terhadap Preferensi Menabung pada Perbankan Syariah
(StudiKasus Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomidan Bisnis Universitas Brawijaya
Malang). Jurnal Ilmiah. Mahasiswa Fakultas Ekonomidan Bisnis Universitas
Brawijaya, Vol.3 No.1

Luh&I.2016. Pengaruh Kualitas Layanan Dan Citra Perusahaan Terhadap Kepuasan
Nasabah Pada BankOCBC NISP Di Denpasar.E-Jurnal ManajemenUnud. Vol. 5 No.1

Ma’arif & Trisnawati. 2016. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Nasabah
Bertransaksi Di Bank Syariah (Studi Kasus di Bank Syariah Mandiri Cabang
Boyolali). Publikasi Ilmiah. Fakultas Ekonomi Dan Bisnis ProgamStudi Akuntansi
Universitas Muhammadiyah Surakarta

Mochlasin. 2017. Peran Fatwa Haram Bunga Bank terhadap Faktor-Faktor yang
Mempengaruhi Perilaku Nasabah Muslim Bank Syariah. Disertasi. Pasca Sarjana UIN
Sunan Kalijaga Yogyakarta

Murti&I Wayan. 2016. Pengaruh Kepercayaan Nasabah, Bauran Produk Dan Bauran Lokasi
Terhadap Transaksi Nasabah. E-Jurnal Manajemen Unud. Vol5 No 1

Shofwa,Yoiz.2016. Pengaruh Kualitas Produk Dan Religiusitas Terhadap Keputusan
Nasabah Produk Simpanan Pada BSM Cabang Purwokwerto. Jurnal Ekonomi Islam.
Vol. 4 No.1

Steven &Yohanes. 2014. Analisis Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Loyalitas Pelanggan
Dengan Kepuasan Dan Keperccayaan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening Pada
Asuransi Jiwa Manulife Indonesia– Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran Petra.
Vol. 2 No. 1
Published
2021-05-05
How to Cite
SYAMSURIZAL, Syamsurizal et al. Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Religiusitas Terhadap Masyarakat dalam Bertransaksi dengan Bank Syariah Mandiri Pariaman. Ikhtisar: Jurnal Pengetahuan Islam, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 19-33, may 2021. ISSN 2797-7668. Available at: <https://ojs.iaisumbar.ac.id/index.php/ikhtisar/article/view/3>. Date accessed: 03 oct. 2024. doi: https://doi.org/10.55062//IJPI.2021.v1i1.3.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.