Meningkatkan Kualitas Membaca Al Qur'an Melalui Tahsin
Abstract
Panduan belajar Tahsin sangat dibutuhkan bagi mereka yang belum lancar atau fasih membaca Al-Qur’an atau masih belum sempurna bahkan bagi mereka yang sama sekali tidak mengetahui hukum-hukum membaca Al-Qur’an. Membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar merupakan kewajiban setiap muslim. Kulitas tajwid Al-Qur’an bagi siswa dan siswi SMP Negeri 1 Hiliran Gumanti sangat penting untuk membentuk akhlak mulia dan memperkokoh keimanan. Namun siswa dan siswi ini masih banyak siswa yang kesulitan dalam membaca Al-Qur’an demgan baik dan benar. Oleh Karen aitu, tujuan pengajaran ini adalah untuk meningkatkan kualitas tajwid Al-Qu’an dengan bantuan Pelatiha dan Bimbingan, karena ketika kita membaca ayat-ayat Al-Qur’an dengan lafadz yang salah, meski hanya satu huruf, artinya sudah berbeda. Dapat disimpulkan bahwa kegiatan Pelatiahn dan Bimbingan Tahsin ini dapat meningkatkan kualitas bacaan dan membenarkan penyebutan dan makna setiap kata dalam Al-Qur’an untuk anak SMP Negeri 1 Hiliran Gumanti . Oleh karen itu, disarankan untuk disampaikan kepada anak didik untuk mampu menfaatkan waktu luang dalam menambah wawasan tentang hukum tajwid dan tahsin dalam membaca Al-Qur’an ini.
Downloads
References
Afnita,Nora, dkk. (2023). Pelatihan Baca Al Qur’an dengan Metode Tahsin dalam Program Percepatan Maghrib Mengaji. Journal of Humanity Dedication, 1(2), 90–103.
Ariani, F., Wandi, J. I., & Afnita, N. (2021). KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA: DAMPAK STRATEGI PEMBELAJARAN MASTERY LEARNING DALAM PENGAJARAN BAHASA INDONESIA. 04(03).
Az Zafi, A., & Partono, P. (2020). Desain Pembelajaran sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Pembelajaran al-Quran Hadis. MATAN: Journal of Islam and Muslim Society, 2(1), 16–25. https://doi.org/10.20884/1.matan.2020.2.1.2292
Della Indah Fitriani, & Fitroh Hayati. (2020). Penerapan Metode Tahsin untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Siswa Sekolah Menengah Atas. Jurnal Pendidikan Islam Indonesia, 5(1), 15–30. https://doi.org/10.35316/jpii.v5i1.227
Devanda, B., Suhaili, N., & Afnita, N. (2022). PEMIKIRAN BEHAVIORISME DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN.
Eva Meizara,Nirwana Permatasari. (2021). Pengantar Diagnostik. Unhas Press.
Ginting, N., & Nurzannah. (2022). Improving the Ability To Read the Quran Through the Tahsin Program Based on the Talaqqi Method. JCES (Journal of Character Education Society), 5(2), 305–317.
Jahrani. (2023). Pelaksanaan Kegiatan Tahsin Al-Qur’an dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Bagi Orang Dewasa di Masjid Al-Firdaus. Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP), 1(2), 342–353.
Lexy J Moleong,. (2011). Metodelogi Pengabdian Kualitatif. PT Remaja Rosda Karya,.
Mustika, M. I., & Fahyuni, E. F. (2024). Implementasi Tahsin (Metode Ummi) Untuk Meningkatkan Kualitas Membaca Al-Qur’an. Jurnal PAI Raden Fatah, 6(2), 609–621.
Mz, S. R., & Idhofi, A. (2023). Pendampingan Tahsin Qira’at Imam Hafs Dalam Membaca Al-Qur’an Untuk Masyarakat Bunar Bogor. Al-Afkar, Journal For Islamic Studies, 6(1), 252–259.
Wandi, J. I., Syamsurizal, S., Saputra, E., & Andrianto, A. (2023). Peningkatan Pemahaman terhadap Islam dan Budaya Minangkabau bagi Mahasiswa IAI SUMBAR di Batusangkar. Journal of Humanity Dedication, 1(1), 38. https://doi.org/10.55062//JABDIMAS.2023.v1i1/285/5
Wijaya, A. S., Afnita, N., & Wandi, J. I. (2023). Peran Edukasi Spritual Untuk Meningkatkan Kesehatan Mental Orang Tua. Journal of Humanity Dedication, 1(1), 30. https://doi.org/10.55062//JABDIMAS.2023.v1i1/270/5
Yanti, N., & Syamsurizal, S. (2023). Pembinaan Dan Pembekalan Di Hari Tua Dalam Edukasi Manajemen Waktu Dan Manajemen Keuangan Keluarga. Journal of Humanity Dedication, 1(1), 17. https://doi.org/10.55062//JABDIMAS.2023.v1i1/237/5