Analisis Kemampuan Kognitif pada Remaja Pecandu Pornografi
Abstract
Masa remaja merupakan tahapan yang harus dialami seseorang sebagai individu. Kaum muda sering mengalami krisis pribadi dan masalah perkembangan yang kompleks. Pada masa remaja, perubahan emosi, kognitif, fisik, dan psikologis cenderung bergelombang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis kemampuan kognitif remaja pornografi. Survei ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Teknik analisis data meliputi tahap observasi, wawancara, dan pengumpulan data. Berdasarkan serangkaian proses evaluasi, hasilnya dibahas dan teori yang diterapkan diperdalam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa remaja dengan pecandu pornografi mengalami gangguan kognitif. Artinya, pornografi yang terus menerus dapat merusak fungsi kognitif atau mental seseorang dalam kaitannya dengan pengetahuan yang berkaitan dengan perolehan, pelestarian, pemrosesan, dan penelitian orang tersebut. Kita dapat menyimpulkan bahwa kecanduan pornografi remaja adalah penyebab utama kehancurannya di masa depan.
References
Anggraini, T., & Maulidya, E. N. (2020). Dampak Paparan Pornografi Pada Anak Usia Dini. Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 45–55. https://doi.org/10.24042/ajipaud.v3i1.6546
Devanda, B., Suhaili, N., & Afnita, N. (2021). Pemikiran behaviorisme dan implikasinya terhadap pembelajaran. Indonesian Journal of Educational Science (IJ, 2(1), 17–31. http://ojs.iaisumbar.ac.id/index.php/ikhtisar/article/view/26%0Ahttps://ojs.iaisumbar.ac.id/index.php/ikhtisar/article/download/26/46
Dewi, R., & Murtiningsih, M. (2020). Hubungan penggunaan smartphone dengan perilaku seksual bebas pada remaja di Smk X Gunung Putri Bogor. Jurnal Kesehatan Kusuma Husada, 31–40. https://doi.org/10.34035/jk.v11i1.411
Diana, D. I., & Sari, M. T. (2018). Studi kasus kecanduan pornografi pada remaja. In Motiva Jurnal Psikologi (Vol. 1, Issue 2). https://doi.org/10.31293/mv.v1i2.3688
Dimyati, & Mudijono. (2016). Psikologi, Pendidikan dan Psikologi Pendidikan. Grasindo.
https://books.google.com/books?hl=en&lr=&id=iq5oDwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PT48&dq=psikologi&ots=GYJJPQtKo4&sig=mODXxF659aBQvqWP7nlnxFuFoFA
Flambonita, S., Novianti, V., & Febriansyah, A. (2021). Bahaya pornografi melalui media elektronik bagi remaja berbasis penyuluhan hukum. Jurnal Abdidas, 2(3), 603–610. https://doi.org/10.31004/abdidas.v2i3.324
Gayatri, S., Shaluhiyah, Z., & Indraswari, R. (2020). Faktor-faktor yang berhubungan dengan frekuensi akses pornografi dan dampaknya terhadap perilaku seksual pada remaja di Kota Bogor. Jurnal Kesehatan Masyarakat (Undip), 8(3), 410–419. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jkm/article/view/26456
Marisa, C., & Fitriyanti, E. (2019). Peningkatan kemampuan kognitif pada remaja melalui layanan informasi. In TERAPUTIK: Jurnal Bimbingan dan Konseling (Vol. 3, Issue 2, pp. 64–70). https://core.ac.uk/download/pdf/288224571.pdf
Mariyati, Daulima, N. H. C., & Mustikasari. (2020). Intervensi cognitive behavior therapy dan self help group untuk menurunkan kecemasan pada remaja yang kecanduan pornografi: case series. Jurnal Ners Widya Husada, 4(3), 77–84. http://journal.uwhs.ac.id/index.php/jners/article/view/320
Novita, E. (2018). Faktor-faktor yang mempengaruhi kebiasaan menonton film porno pada remaja. In Anthropos: Jurnal Antropologi Sosial dan Budaya (Journal of Social and Cultural Anthropology) (Vol. 4, Issue 1). https://doi.org/10.24114/antro.v4i1.9885
Prihandini, P., Limilia, P., & Pratamawaty, B. B. (2019). Generasi Cerdas Tanpa Pornografi: Penyuluhan Pencegahan Konsumsi Pornografi Media Digital Di Smp Negeri 2 Bandung. Jurnal Dedikasi Masyarakat, 2(2), 75. https://doi.org/10.31850/jdm.v2i2.399
Rachmaniar, R., Prihandini, P., & Janitra, P. A. (2018). Perilaku penggunaan smartphone dan akses pornografi di kalangan remaja perempuan. Jurnal Komunikasi Global, 7(1), 1–11. https://doi.org/10.24815/jkg.v7i1.10890
Radjagukguk, D. L., & Sriwartini, Y. (2020). Gerakan SAKAMED Sebagai Upaya Meningkatkan Kesadaran Pentingnya Kalibrasi Peralatan Kesehatan di Puskesmas. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 346–353. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v4i2.4077
Rahmi, A., Pratiwi, C., & Wijaya, A. S. (2021). Psychological well-being narapidana remaja. Indonesian Journal of Educational Science (IJ, 2(1), 17–31. http://ojs.iaisumbar.ac.id/index.php/ikhtisar/article/view/26%0Ahttps://ojs.iaisumbar.ac.id/index.php/ikhtisar/article/download/26/46
Shandra, Y., & Movitaria, M. A. (2021). Penerapan model blended learning untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran Ekonomi. Indonesian Journal of Educational Science (IJ, 2(1), 17–31. http://ojs.iaisumbar.ac.id/index.php/ikhtisar/article/view/26%0Ahttps://ojs.iaisumbar.ac.id/index.php/ikhtisar/article/download/26/46
Shofiyah. (2020). Dampak Media Sosial dan Pornografi Terhadap Perilaku Seks Bebas Anak di Bawah Umur. Alamtara: Jurnal Komunikasi Dan Penyiaran Islam, 4(1), 57–68. https://ejournal.iai-tabah.ac.id/index.php/alamtaraok/article/download/503/373/
Silalahi, E., & Safitri, I. (2021). Analisis paparan pornografi dan dampaknya terhadap pembelajaran matematika Smp. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 05(01), 437–447.
Solihin, I., Nurhadi, N., Syahada, I. F., Suandan, E., & Saputri, K. D. (2021). Edukasi bahaya pornografi pada siswa Smk Muhammadiyah Parung Kabupaten Bogor. Jurnal PADMA: Pengabdian Dharma Masyarakat, 1(2), 1–4. https://doi.org/10.32493/jpdm.v1i2.10663
Utami, E. S., Oktarisa, F., & Agustin, L. T. (2021). Virtual reality berbasis cognitive behavior therapy untuk menurunkan kecemasan berbicara di depan umum. Indonesian Journal of Educational Science (IJ, 2(1), 17–31. http://ojs.iaisumbar.ac.id/index.php/ikhtisar/article/view/26%0Ahttps://ojs.iaisumbar.ac.id/index.php/ikhtisar/article/download/26/46
Utomo, S. T., & Sa’i, A. (2018). Dampak Pornografi Terhadap Perkembangan Mental Remajadi Sekolah. ELEMENTARY: Islamic Teacher Journal, 6(1), 170. https://doi.org/10.21043/elementary.v6i1.4221
Widayanti, W., Besar, B., Dan, P., Pelayanan, P., Sosia, K., Kementerian, ), Ri, S., Kesejahteraan, J., & No, S. (2018). Peran Orangtua dalam Upaya Pencegahan Pornografi Bagi Anak melalui Internet Sehat. Media Informasi Penelitian Kesejahteraan Sosial, 42(2), 181–186. http://opini.fajarnews.com/
Yati, M., & Aini, K. (2018). Studi kasus: dampak tayangan pornografi terhadap perubahan Psikososial Remaja. Jurnal Ilmu Dan Teknologi Kesehatan, 9(2). https://doi.org/10.33666/jitk.v9i2.189
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.