Peran Guru Dalam Mengembangkan Kecerdasan Emosional Anak Di Pendidikan Dasar
Abstract
Many teachers do not have sufficient knowledge about emotional intelligence and how to develop it in children. In addition, the existing curriculum tends to emphasise cognitive and academic achievement, while emotional and social aspects are often neglected. Despite awareness of the importance of emotional intelligence, many teachers may not know how to implement effective strategies in their daily teaching. The purpose of this study is to identify and explore the role of teachers in developing children's emotional intelligence in primary education. The research method used was qualitative research with a case study research design to get a comprehensive picture of the role of teachers in developing children's emotional intelligence. The results found that teachers in primary education have an important role in developing children's emotional intelligence, but various challenges often hinder this role. Teachers' understanding of emotional intelligence varies widely, and this affects how they implement teaching strategies related to emotional development.
References
Dali, Z., & Movitaria, mega adyna. (2016). Hubungan antara manusia, masyarakat, dan budaya dalam perspektif islam. Nuansa: Jurnal Studi Islam Dan Kemasyarakatan, 9(1).
Damsid, H., Roslan, H. S., Hos, H. J., Arsyad, M., Juhaepa, J., Bahtiar, B., … Supiah, H. R. (2020). Pelatihan parenting bagi keluarga dalam meningkatkan dan mendukung perkembangan fisik, emosional, sosial, finansial, dan intelektual anak di Wilayah Pesisir Pantai Nirwana di Kelurahan Sulaa, Kecamatan Betoambari, Kota Baubau. Anoa : Jurnal Pengabdian Masyarakat Sosial, Politik, Budaya, Hukum. Ekonomi, 1(01), 28. https://doi.org/10.52423/anoa.v1i01.10822
Diana, R., Hasanah, F., & Mailani, N. (2019). Pendidikan karakter berbasis mutiple intelligences sebagai desain pembelajaran di era disrupsi. Prosiding Konferensi Pendidikan Nasional, (19), 232–237.
Dudung, A. (2018). Kompetensi profesional guru. JKKP (Jurnal Kesejahteraan Keluarga Dan Pendidikan). https://doi.org/10.21009/jkkp.051.02
Fitrianik, C. (2020). Peran guru dalam manajemen kelas untuk peningkatan kecerdasan emosional. Joyful Learning Journal, 9(4), 198–204.
Goleman, D., Mckee, A., & Achor, S. (2018). Everyday emotional intelligence: big ideas and practical advice on how to be human at work. Boston: Harvard Business School Publishing Corporation.
Jamin, H. (2018). Upaya meningkatkan kompetensi profesional guru. At-Ta’dib: Jurnal Ilmiah Prodi Pendidikan Agama Islam, 19–36.
Maitrianti, C. (2021). Hubungan antara kecerdasan intrapersonal dengan kecerdasan emosional. Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 11(2), 291–305.
Markum, M. E. (2016). Ruang lingkup psikologi sosial. In Psikologi Sosial.
Movitaria, M. A. (2017). Pengaruh penerapan pembelajaran brain based learning approach dan motivasi terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V Gugus IV Kecamatan Padang Utara. Universitas Negeri Padang.
Patilima, S. (2022). Sekolah penggerak sebagai upaya peningkatan kualitas pendidikan. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar, 0(0), 228–236. Retrieved from http://ejurnal.pps.ung.ac.id/index.php/PSNPD/article/view/1069
Putra, U. S., & Masruri, M. S. (2019). The effectiveness comparison between inquiry and problem based learning towards geography learning outcomes. Geosfera Indonesia. https://doi.org/10.19184/geosi.v4i2.10849
Said, A. N., & Rahmawati, D. (2018). Pengaruh kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual terhadap sikap etis mahasiswa akuntansi (studi empiris pada mahasiswa prodi akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta). Nominal Barometer Riset Akuntansi Dan Manajemen, 7(1), 21–32.
Saleng, Z. A. (2021). Kecerdasan emosional profesionalisme guru dan prestasi belajar siswa: Buku berbasis riset pendidikan. Media Nusa Creative (MNC Publishing).
Saputra, S., & Movitaria, M. A. (2022). Analisis kemampuan Kognitif pada remaja pecandu pornografi. Ikhtisar: Jurnal Pengetahuan Islam, 2(2), 178. https://doi.org/10.55062//ijpi.2022.v2i2.72
Sugiyono. (2019). Metode penelitian pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Sulastyaningrum, R., Martono, T., & Wahyono, B. (2019). Pengaruh kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional, dan kecerdasan spiritual terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi pada peserta didik kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Bulu Tahun Ajaran 2017/2018. Jurnal Pendidikan Bisnis Dan Ekonomi, 4(2).
Syaparuddin, S., & Elihami, E. (2020). Peningkatan kecerdasan emosional (EQ) dan kecerdasan spiritual (SQ) siswa Sekolah Dasar SD Negeri 4 Bilokka sebagai upaya meningkatkan kualitas diri dalam proses pembelajaran PKn.
Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(1), 11–29.
Syaparuddin, S., Meldianus, M., & Elihami, E. (2020). Strategi pembelajaran aktif dalam meningkatkan motivasi belajar pkn peserta didik. Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(1), 30–41.
Wardhana, W. S. (2020). Strategi pengembangan kompetensi guru secara mandiri di era literasi digital. Http://Research-Report.Umm.Ac.Id/Index.Php/SENASBASA Strategi.